Cara Mining Chia hanya Menggunakan Harddisk

Cara Mining Chia Hanya Menggunakan Harddisk

Kali ini founder dari Perusahaan besar BitTorrent membuat mata uang crypto dengan nama Chia Network dimana penambang dapat melakukan mining menggunakan harddisk atau ssd, untuk itu cara mining chia sangatlah mudah.

Bisa dibilang proyek ini cukup bersaing dengan mekanisme mining yang kita kenal BTC yaitu menggunakan asic miner atau kartu grafis, diprediksi bahwa Chia network akan terus naik dengan perkembangan mata uang crpyto dan tentunya akan berdampak pasar pasokan harddisk atau ssd akan semakin langka.

Apa itu Chia Network ?

Chia Network didirikan oleh Bram Cohen, adalah founder dari BitTorrent. Chia Network membuat blockchain lebih baik sekaligus platform transaksi yang lebih terdesentralisasi, lebih efisien, dan lebih aman.

Chialisp adalah bahasa pemrograman untuk Chia yang mudah diaudit dan aman. Sedangkan blockchainnya didukung oleh algoritma gaya Nakamoto baru pertama sejak Bitcoin diluncurkan pada tahun 2008. Chia Network mendukung pengembangan dan penyebaran blockchain secara global.

Kalkulasi Pendapatan Mining Chia

Untuk anda yang ingin mengestimasi pendapatan sebelum mining, cukup kunjungi situs chiacalculator.com.

Chia Kalkulator untuk mengestimasi penghasilan anda.
Chia Kalkulator untuk mengestimasi penghasilan.

Setelah mengunjungi chiacalculator.com, maka akan ditampilkan seperti gambar diatas. Anda dapat mengatur jumlah plot yang ingin dibuat, secara default plot ditentukan oleh web tersebut adalah tipe k=32. Tipe plot tersebut adalah mainet rewards yang sekarang paling banyak dimining oleh penambang.

Untuk sekarang pertukaran mata uang XCH masih belum diketahui jadi estimasi exchange ratenya adalah $20/XCH, setelah harga pertukaran mata uangnya diumumkan secara publik maka anda dapat menyesuaikan nilai tersebut dalam satuan US dollar.

Hasil dari estimasi chia network dari jumlah plot dan nilai pertukaran mata uang dapat dilihat di Estimated Earnings, Anda juga dapat mengubah hasil tersebut dengan mode simplified dan advanced.

Mode advanced kalkulasi pendapatan XCH
Mode advance kalkulasi pendapatan XCH mining menggunakan harrdisk atau SSD

Dalam mode advanced anda dapat mengatur waktu time frame dan melihat grafik pendapatan serta nilai dari mata uang Chia atau XCH. Anda juga dapat mengatur plot atau network space nanti akan secara otomatis dikalkukasikan sehingga anda dapat langsung melihat estimasi total pendapatan.

Seperti contoh saya memasukkan time frame saya selama 6 bulan yaitu $153.13 dengan jumlah plot yang dimiliki yaitu 40 plot dan estimasi nilai mata uang XCH sebesar $20. Ingat untuk sekarang nilai mata uang XCH akan ditentukan 30 April 2021.

Estimasi Pengeluaran Mining XCH
Estimasi Pengeluaran

Dibagian bawah terdapat fitur untuk mengatur jumlah pengeluaran mining chia network untuk membeli harddisk atau ssd. Kalkulasi tersebut dihitung per TB artinya dengan kapasitas per 1000 GB, kemudian juga dapat menambahkan pengeluaran lain-lain (additional cost) dapat berupa komponen PC lainnya serta listrik.

Mekanisme Mining Chia

Selama ini untuk dapat mining dengan menghasilkan uang crypto BTC diperlukan adanya komponen pc disertai kartu grafis atau asic miner. Semakin banyak kartu grafis dan asic miner semakin besar daya untuk mining.

Akhir-akhir ini pasokan pasar kartu grafis semakin langka dan berimbas pada harga kartu grafis yang melonjak tinggi. Tentunya ini berdampak juga untuk masyarakat dengan kebutuhan sehari-hari yang memerlukan kartu grafis tinggi.

Chia network menggunakan mekanisme Proof of Space and Time (PoST) berbeda dengan BitCoin dengan mekanisme Proof of Work (PoW), daya penggunaan mining tidak sebesar kartu grafis sehingga hemat energi. Semakin banyak Anda mengalokasikan kapasitas penyimpanan dan semakin tinggi kecepatan read/write disk drive tentunya semakin tinggi profit yang dihasilkan.

Spesifikasi PC untuk Mining Chia

Sebenarnya cara mining chia cukuplah mudah dan tidak sesulit mining BitCoin pada umumnya, berikut ini adalah perangkat hardware yang direkomendasikan :

  1. Harddisk, SSD, SSD Nvme
    Memang direkomendasikan menggunakan SSD karena jauh lebih cepat, tapi tidak menutup kemungkinan bagi penambang yang ingin mencoba menggunakan harddisk. Gunakan format NTFS atau sekelasnya jangan gunakan FAT32 karena tidak mendukung format file besar, jika tidak proses plotting akan gagal.
  2. RAM
    Dalam mining chia, ram akan digunakan sebagai plotting setidaknya minimal ram yang digunakan sekitar 4 GB maka dari itu semakin besar ram yang digunakan maka semakin cepat proses untuk plotting (mengalokasikan penyimpanan).
  3. Processor
    Minimal untuk proses plotting membutuhkan 2 thread jadi disarankan gunakan processor yang memiliki banyak thread. Anda bisa menggunakan model AMD karena biasanya memiliki banyak thread dan lebih murah.

Cara Mining Chia atau XCH

Langkah pertama download aplikasi Chia Blockchain di situs chia.net. Pastikan pilih aplikasi sesuai dengan sistem operasi yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan sistem operasi windows maka pastikan mendownload dan menginstall versi windows.

Chia Blockchain Software
Chia Blockchain Software untuk Windows

1. Install dan Simpan Private Key

Setelah menginstall aplikasi chia blockchain dan menjalankan aplikasinya, kemudian pilih create a new private key kemudian Chia akan menunjukkan wallet backup yang terdapat 24 kata. Untuk dapat mengakses backup wallet, Anda perlu mengurutkannya berdasarkan kata yang sudah digenerate oleh Chia agar tidak kesulitan cukup gunakan screenshoot dan simpan baik-baik gambar tersebut.

Backup Wallet Chia Network
Backup Wallet Chia Network

2. Atur Jumlah Plot

Hal paling utama untuk mining chia adalah mengatur jumlah plot, yaitu mengalokasikan penyimpanan untuk dapat dimining. Terdapat 4 tahapan dalam mengatur plot, langkah pertama telebih dahulu mengatur plot size k=32 dan langkah kedua mengatur jumlah plot yang diinginkan.

Anda dapat mengatur banyak plot sesuai dengan kapasitas harddisk atau ssd. Selama proses plotting akan menggunakan 239 GB penyimpanan untuk jenis k=32. Anda juga dapat mengatur proses plotting bekerja secara parallel (bersamaan) atau Queue (Antrian) saya sarankan untuk spesifikasi standar cukup gunakan Queue diproses satu per satu.

Dalam bagian opsi advance, anda juga dapat mengatur jumlah maksimal RAM atau Thread yang digunakan selama proses plotting. Untuk RAM saya menggunakan sekitar 6 GB karena saya memiliki RAM 16 GB dan 2 Thread.

Cara Mining Chia dengan Plotting
Plotting Chia

Pada langkah ketiga pilih lokasi pertama dan kedua untuk menyimpan proses temporary plotting, sangat saya sarankan menggunakan SSD karena harddisk memakan waktu cukup lama.

Langkah keempat atur penyimpanan Final direktori yang nantinya akan digunakan sebagai mining, karena hanya sebagai penyimpanan saja cukup gunakan harddisk karena tidak membutuhkan kecepatan.

Proses penyimpanan sementara dan final plot
Proses penyimpanan sementara dan final plot

3. Tunggu Proses Plotting

Selama proses plotting berjalan, pastikan jangan menggunakan mode sleep, hibernate dan sebagainya karena proses plotting akan gagal. Jika gagal maka harus menghapus seluruh isi folder temporary dan memulai dari awal.

Proses mining dan plotting
Proses mining dan plotting

4. Farming

Setelah proses plotting selesai maka pilih menu farm, aplikasi akan secara otomatis melakukan farming pada harddisk yang selesai di plotting. Sehingga Anda dapat melihat hasil mining dan coin XCH yang didapatkan. Untuk ingin melihat coin yang dimiliki Anda cukup pilih menu wallet dan aplikasi akan menunjukan jumlah balance yang dimiliki.

Jumlah wallet mining XCH
Jumlah wallet mining XCH

Semoga artikel Cara Mining Chia hanya Menggunakan Harddisk di situs ini dapat bermanfaat bagi para penambang dan semoga dapat menghasilkan banyak uang dari hasil investasi XCH. Jika ada pertanyaan lebih lanjut anda dapat mengirim komentar di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

6 comments
  1. artikel yg menarik pak joseph, mau tanya krn saya pemula (baru mau coba) ? kalau harddisk sudah penuh apa solusinya ? dan supaya tidak di hack komputernya pakai software apa selain anti virus ? terima kasih

    1. Kalo saran saya untuk BEP balik modal gunakan minimal 12TB harga 4 jutaan (harga masih normal) kalo bisa 24TB lebih baik. kurang lebih bisa jadi 200 an Plot. Ketika waktu plotting gunakan SSD atau NVME agar proses lebih cepat. Untuk mining jangan gunakan hdd yang isinya system windows. Gunakan external hdd atau ssd yang tidak dipakai sama sekali.

  2. Wah dapat ilmu baru yg sebelumnya saya mining pakek rig sekarang bisa pakek HD dan SSD yg biayanya cukup murah banget…makasih banyak atas artikelnya

    1. Iya memang pak, kalo dulu btc kerjanya power of work jadi fokusnya besar besaran modal buat beli vga atau rig miner. Kalo untuk XCH cukup beli harddisk harganya gak terlalu tinggi daripada vga. Tapi sekarang hdd juga cukup dikit kuantitasnya sebelum ada xch saya cek harga normal 12tb cuman 4 juta sekarang udah 7 juta. Hahah Rip

    1. Nah kalo proses plotting pasti hilang atau mengulang dari awal jadi pastikan Anda memiliki UPS dan pastikan kalo anda pakai hdd itu lebih rawan kalo tiba tiba mati mendadak, bisa bisa opticnya rusak. Nanti saya bikin artikel full detail spesifikasi untuk mining XCH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *